Mei 22, 2012

Tips Membuat Kue / Cake


 Berikut ini adalah tips membuat kue / cake  yang saya ambil dari lapar.com. Memasak memang selalu menyenangkan. Apalagi kalau hasilnya enak dan memuaskan. Tapi kadang memasak itu membutuhkan kesabaran, cake terutama. Bagi yang masih pemula dalam hal memasak, kadang sudah patah semangat duluan kalau cake yang dibuat tidak mengembang. Rasanya kesal campur benci campur lelah, pokoknya semua bercampur menjadi satu.

Tapi jangan patah semangat dulu, baca dulu tips berikut ini supaya cake yang Foodlovers buat bisa mengambang dengan sempurna.

1. Kalau Foodlovers diharuskan menggunakan mixer, lakukan secara bertahap, artinya adalah gunakan kecepatan rendah dahulu sampai maksimal. Kalau adonan sudah mulai mengental, turunkan kecepatan mixer.
2. Pastikan kalau Foodlovers mengocoknya sampai benar-benar lembut dan tidak ada bubuk tepung yang tersisa di dasar wadah. Bagaimana tandanya kalau adonan sudah lembut? Tandanya adalah akan tertinggal jejak mixer seperti spiral setiap kali Foodlovers mengocok adonan di tiap bagian.
3. Pastikan kita sudah memanaskan oven saat ingin memanggang, jangan pernah memasukkan adonan cake ke dalam oven yang masih dingin kalau tidak mau cakenya kempes.
4. Nah, kalau membuat cake yang harus dikukus, harus dipastikan kalau dandang sudah panas dan airnya sudah benar-benar mendidih.
5. Ada berbagai cake tertentu yang menuntut kita untuk SAMA SEKALI TIDAK MEMBUKA OVEN saat memanggang, seperti kue soes misalnya. Perubahan suhu yang drastis antara oven dengan suhu luar membuat proses pemanggangan dan pengembangan cake terhambat.
6. Jika menggunakan telur dalam resepnya, pastikan menggunakan telur dalam suhu ruangan ya, jangan telur yang dingin baru dikeluarkan dari kulas.
Semoga berhasil ya membuat cakenya

Tidak ada komentar: